top of page
  • kakakaglow

Tempat wisata di Laos yang akan memberi Anda pengalaman yang tak terlupakan

Laos adalah negara yang terkenal dengan warisan budayanya dalam bentuk ratusan kuil dan megah. Tidak mengherankan bahwa candi-candi ini telah menjadi tempat wisata, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Tidak hanya kuil, pegunungan di Laos memiliki nilai keindahannya sendiri, sehingga menjadi tujuan yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Laos memiliki iklim yang sama dengan negara-negara Asia Tenggara pada umumnya, yaitu tropis. Jadi Anda dapat mengunjungi negara ini kapan saja tanpa takut akan perubahan iklim. Nah, bagi yang ingin berwisata ke Laos, kami memiliki beberapa rekomendasi untuk tempat wisata yang harus dikunjungi. Ada sesuatu mari kita lihat lagi!


Pha That Luang



Tempat wisata pertama di Laos adalah Pha That Luang, yang merupakan candi Budha yang cukup besar dan emas. Terletak di pusat kota Vientiane, candi ini memiliki 3 tingkat, yang masing-masing merupakan cerminan dari bagian ajaran Buddha. Pha That Luang dibangun pada abad ketiga dan telah direnovasi beberapa kali, salah satunya pada tahun 1930. Objek wisata Laos disebut sebagai monumen nasional penting dan simbol nasional. Dengan bentuk piramida, Pha That Luang adalah stupa Budha besar dengan ketinggian lebih dari 45 m dan lebar 69 m. Yang unik adalah bahwa semua bagian ditutupi dengan 500 kg emas murni dan melambangkan kemegahan Laos.


Taman Buddha


Tempat wisata terbaik di Laos adalah Taman Buddha atau juga dikenal sebagai Xieng Khuan. Taman patung ini terletak 25 km tenggara Vientiane, Laos. Meskipun tidak ada candi (wat) di sekitarnya, taman ini biasa disebut Wat Xieng Khuan, karena mengandung banyak unsur agama yang berbeda. Ada lebih dari 200 patung Hindu dan Budha yang membuat pemerintah setempat menjadikan taman ini sebagai tempat wisata. Patung-patung ini akan terlihat dari abad ketujuh belas hingga abad kedelapan belas, tetapi diperkirakan bahwa patung itu dibangun oleh Luang Pu Bunleua ​​Sulilat pada tahun 1958.


Wat Xieng Thong




Wat Xieng Thong adalah kuil Budha yang lokasinya di ujung utara semenanjung Luang Prabang. Tempat yang dibangun pada 1559 ini adalah monumen untuk simbol semangat dan seni tradisional. Pembangunan candi Budha ini dilakukan oleh Raja Settharitath dan tepatnya ada pertemuan antara Sungai Mekong dan Sungai Nam Khan. Pada 1950-an dan 1960-an, pemerintah Laos melakukan renovasi total untuk memperbaiki kuil-kuil yang rusak karena pemeliharaan lingkungan yang buruk dan kerusakan yang disebabkan oleh perang. Sekarang Anda dapat melihat kemegahan Wat Xieng Thong yang luar biasa dengan pintu kayu berukir dan penutup emas.


Wat Si Saket


Dengan arsitektur Buddha bergaya Siam, kuil ini dibangun atas perintah Raja Anouvong (Setthatirath V). Di dinding Wat Si Saket, kita akan melihat sejumlah besar keramik perak diperkirakan lebih dari 2.000 buah. Ciri khas kuil tertua di Laos, selain keramik perak, memiliki setidaknya 7000 patung Buddha yang dipasang di depan Wat Si Saket. Selain keindahan arsitekturnya, tempat ini juga memiliki museum yang tidak kalah menarik.


Sungai Mekong




Tidak lengkap datang ke Laos tanpa berkunjung ke sini. Dikatakan bahwa Sungai Mekong adalah sungai terpanjang di wilayah Asia Tenggara dengan panjang 4.350 km. Sungai Mekong juga dinamai sebagai salah satu yang terbesar di dunia karena memiliki volume air lebih banyak daripada sungai lain di dunia. Ketika Anda berjalan di sep.anjang Sungai Mekong, wisatawan akan menikmati pemandangan yang indah, dari daerah Huay Xai yang terletak di perbatasan utara Thailand hingga kota Luang Prabang. Selain itu, ada beberapa air terjun yang memahat Sungai Mekong, yaitu Pha Pheng dan Air Terjun Khone dengan air yang memancarkan hijau zamrud.


Dataran tinggi bolaven


Ini adalah dataran tinggi yang terletak di antara Pegunungan Annamite di perbatasan Laos dan Vietnam. Dengan ketinggian sekitar 1.000 hingga 1.50 mdpl, daya tarik utama dataran tinggi Bolaven adalah sungai yang melintasi lokasi dan serangkaian air terjun yang indah. Meskipun ada banyak air terjun, Anda harus mengunjungi air terjun Tad Lo, yang dikelilingi oleh beberapa lantai. Atau Anda bisa mengunjungi air terjun tertinggi di Laos bernama Dong Hua Sao, yang tingginya mencapai 120 meter.


11 views0 comments
bottom of page