top of page
  • kakakaglow

Destinasi Wisata Timor Timur Yang Akan Membuat Anda Terkesan

Updated: Apr 8, 2019

Timor Leste, mungkin teman-teman Anda tidak asing dengan nama negara ini. Pernah menjadi bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), menjadikan Timor Leste memiliki hubungan dekat dan menyimpan banyak kenangan manis dengan Indonesia.


Meskipun wilayahnya kecil, bekas jajahan Portugis ini adalah negara yang memiliki banyak tujuan wisata menarik untuk dikunjungi. Alam dan budaya di Timor Leste adalah saksi nyata bagi perjalanan rakyat Timor-Leste dalam menghadapi dinamika politik yang berurutan.


Selain itu, beberapa destinasi wisata di Timor Timur juga menggambarkan peran penting Negara Indonesia dalam membangun wajah Timor Timur (sebelum kemerdekaan). Nah, berikut adalah 7 tujuan wisata di Timor Leste yang tidak boleh Anda lewatkan!



Cristo Rei



Patung yang diresmikan pada 15 Oktober 1996 oleh Presiden Soeharto adalah patung Kristus tertinggi kedua di dunia dengan ketinggian 27 meter setelah patung Kristus Penebus di Rio de Janeiro, Brasil yang tingginya 38 meter. Patung yang dibangun pada tahun 1996 menjadi simbol integrasi Timor Timur ke Indonesia, dan ketinggian patung 27 meter melambangkan masuknya Timor Timur ke provinsi ke-27 di Indonesia.


Patung Kristus Raja dibangun di Timor Leste karena sebagian besar orang Timor memeluk agama Katolik. Selain berfungsi sebagai tempat ibadah, lokasi ini juga berdiri di atas bukit dengan hamparan pantai berpasir putih, membuat kita betah menikmati keindahan Cristo Rei yang dipadukan dengan pantai biru.



Pantai pasir putih


Tidak jauh dari Patung Kristus Raja, ada sebuah pantai yang disebut pantai pasir putih. Pantai ini disebut pantai pasir putih karena pasirnya putih berkilau. Lokasi tidak jauh dari patung Cristo Rei.


Di sini Anda dapat mandi dan menikmati keindahan pantai, atau Anda juga dapat nongkrong dengan santai sementara waktu berkualitas bersama teman dan keluarga. Mirip dengan tujuan lain, pantai pasir putih ini paling banyak dikunjungi di sore hari dan selama liburan Natal dan Tahun Baru.





Pulau Jaco



Pulau Jaco adalah pulau kecil yang terletak di ujung Timor Leste, tepatnya di distrik Lautem. Untuk sampai ke Pulau Jaco, Anda dapat membayar US $ 10 atau sekitar Rp. 130.000 per orang dengan menaiki kapal nelayan.


Sungguh menakjubkan jika Anda bisa mampir di sini. Tempatnya benar-benar seperti Nirvana di dunia, sejuk, airnya jernih, angin lautnya sepoi-sepoi, dan butiran pasir yang lembut dan putih dijamin membuat Anda semua nyaman di Pulau Jaco.


Di sini Anda dapat dengan bebas berenang dan menikmati keindahan Pulau Jaco sebanyak yang Anda inginkan. Berbagai jenis ikan berwarna-warni, terumbu karang yang diawetkan, dan kura-kura hidup secara alami di pulau ini. Keindahan ini membuat Pulau Jaco layak disebut sebagai "surga" Timor Leste.



Patung Replika Paus Yohanes


Paus Yohanes Paulus mengunjungi Timor Timur (sebelum kemerdekaan) pada 12 Oktober 1989. Untuk memperingati kedatangannya, pemerintah Timor Lorosae membuat replika patung Paus Yohanes Paulus II pada tahun 2007.


Selain berfungsi sebagai tempat ziarah, lokasi ini juga digunakan sebagai tempat bepergian, mengingat lokasinya yang sangat dekat dengan danau Tasi Tolu di Dili.



Bangunan Arsitektur Mediterania



Selama periode Portugis, Kota Baucau disebut sebagai Vila Salazar sesuai dengan nama diktator Portugis yang mengendalikan Baucau bernama Antonio de Oliviera Salazar. Sebelumnya, Kota Baucau adalah pusat kegiatan pemerintah Portugis pada waktu itu.


Di sini Anda dapat menemukan beberapa bangunan kolonial Portugis, seperti pasar (o mercadu) dan hotel (Pousada). Oh ya, Baucau juga kota terbesar kedua setelah Dili. Lansekap yang indah disertai oleh infrastruktur publik dan swasta dari pemerintah Portugis.



Santa Cruz


Di sini Anda dapat menemukan makam para pejuang Fretilin (Frente Revolucionária de Timor-Leste Independente) yang dalam bahasa Portugis adalah gerakan pertahanan yang memperjuangkan kemerdekaan Timor Timur. Gunung Ramelau, gunung tertinggi di Timor Leste. Selain bisa memanjat, gunung ini juga menjadi tempat ziarah ke Bunda Maria.


Gunung Ramelau terletak di distrik Ainaro, dan merupakan gunung tertinggi di negara Timor Leste. Gunung ini bukan sembarang gunung, karena selain memiliki keindahan luar biasa, di puncak Gunung Ramelau ada patung Perawan Maria yang megah dan kokoh.


Selain wisata pendakian, Gunung Ramelau juga merupakan tempat ziarah. Setiap bulan, umat Katolik Timor Timur berziarah ke patung Perawan Maria yang indah. Di atas puncak Ramelau, suhu rata-rata setidaknya 18,1 derajat dan maksimum hingga 22,8 derajat.

30 views0 comments
bottom of page